Kuliner Andalan Makassar

30 Agustus 2018
Kuliner Andalan Makassar
  • 26
    Shares

9 Kuliner Andalan Makassar

Anda pecinta Kuliner Nusantara? 9 Kuliner andalan Makassar seperti Coto Makassar, Pallubasa, Konro Bakar, Pisang Epe, Pallu Butung wajib anda coba saat anda berkunjung atau Tour ke Makassar.

Kalau kita berbicara tentang Kota Makassar, pasti sahabat Alorina tidak lupa akan kuliner Makassar yang sangat khas dan menggugah selera makan para sahabat Alorina.

Berikut 9 Kuliner Andalan Makassar yang sahabat Alorina dapat coba.

1. Coto Makassar

Kuliner Makassar paling terkenal tentunya Coto Makassar, kurang lengkap rasanya jika sahabat Alorina tidak mencicipi makanan khas kota daeng ini yang terbuat dari jeroan dan daging sapi yang dihidangkan dengan kuah yang khas penuh dengan cita rasa rempah-rempah. Coto Makassar dihidangkan dalam mangkok kecil dan ketupat sebagai pasangannya.

Coto Makassar tersebar di setiap sudut kota Makassar, namanya pun sesuai dengan lokasinya seperti Coto Nusantara di Jalan Nusantara, Coto Gagak di Jalan Gagak, Coto Pettarani di Jalan Pettarani.

2. Konro Bakar

Kuliner kedua yang akan membuat sahabat Alorina pengen nambah adalah Konro Bakar. Konro Bakar merupakan daging iga sapi pilihan yang dipanggang dan dipadu dengan bumbu kacang racikan khas Makassar.

Sebenarnya, di Makassar ada beberapa rumah makan yang menyajikan menu Konro Bakar. Namun, tidak seistimewa dan selezat warung Konro Bakar Karebosi yang terletak di Jalan Gunung Lompobattang, di belakang Gedung Bank Indonesia.

3. Pallubasa

Kuliner ini bisa dikatakan serupa tapi tak sama dengan Coto Makassar. Cita rasa yang dimunculkan oleh masakan satu ini seperti perpaduan antara soto daging dan coto Makassar. Isinya nyaris sama dengan soto daging, sementara rasa kuahnya mirip coto, hanya yang ini lebih bertekstur.

Baca Juga:  11 Alasan mengapa harus menggunakan Jasa Travel Agent

Kuahnya pekat berwarna kekuningan. Cita rasanya mirip coto, hanya pada kuah pallubasa terasa sekali tekstur “kasarnya” yang berasal dari parutan kelapa yang disangrai. Coto Makassar berpasangan dengan ketupat sedangkan Pallubasa dengan nasi dan biasanya ditambah dengan Kuning Telur pada penyajiannya yang biasa disebut dengan “Alas”.

Di Makassar warung yang cukup terkenal menjual menu kuliner satu ini diantaranya adalah Pallubasa Serigala di jln. Serigala, dan Pallubasa Onta di jln. Onta.

4. Otak-Otak

Pertama kali mendengar kuliner ini pasti akan terasa aneh. Makanan ini dinamakan otak-otak karena teksturnya. Konon, warnanya yang putih dan teksturnya yang lembut membuat makanan ini menyerupai otak. Alhasil, orang-orang menyebutnya dengan otak-otak.

Kuliner Otak-otak yang cukup terkenal di Makassar adalah Otak-otak ibu Elly yang beralamat di Jln. Kijang Makassar.

5. Mie Kering

Kuliner khas Makassar yang memadukan mie kering dengan kuah kental ini sudah kesohor ke penjuru Nusantara. Konon, mie ini diperkenalkan kali pertama oleh Ang Kho Tjao, warga keturunan Tiongkok yang tinggal di Makassar, Sulawesi Selatan.

Mie kering memiliki tekstur cukup keras dan menjadi lembut saat dicampur bersama kuah kentalnya. Pelengkap lain seperti bakso, daging ayam, dan sayur-sayuran membuatnya terasa lezat.

6. Songkolo

Songokolo sering kali disajikan pada pagi hari atau malam hari. Songkolo bagadang menjadi salah satu penganan wajib bagi penjelajah kuliner tengah malam di Makassar.

Bahan utamanya berupa beras ketan yang dikukus hingga matang. Tambahan lain seperti parutan kelapa goreng dan ikan asin membuat hidangan ini semakin lezat.

7. Pisang Epe

Sajian ini menggunakan pisang raja yang dijepit hingga berbentuk pipih lalu dibakar. Umumnya disajikan dengan cairan gula merah, jadi manisnya tak perlu diragukan lagi. kini, berbagai variasi rasa pun bermunculan seperti coklat, durian, keju, dan lainnya. Mudah ditemui pada malam hari di kawasan Pantai Losari.

Baca Juga:  11 Wisata Menarik di Sulawesi Selatan

8. Pisang Ijo

Setelah menikmati kuliner makanan, mari kita coba kuliner khas makassar satu ini, Pisang Ijo. Es campur ala Makassar memadukan potongan pisang manis dan bubur sumsum. Ada juga sirup merah (sirup DHT) dan es batu yang bikin segar dan menghilangkan dahaga di siang hari.

9. PalluButung

Es pallubutung ini sebenarnya mirip dengan es pisang ijo namun es pallubutung tidak dilapisi dengan balutan adonan hijau.

Nah, sahabat Alorina semoga artikel ini menambah wawasan kita tentang kuliner khas nusantara khususnya kuliner andalan makassar. cek artikel-artikel kami lainnya disini


Topic : Kuliner, Travelling